MERDEKA!!

Apa arti kemerdekaan bagimu? Jawabannya pasti beragam dan pasti banyak alasan dibalik jawabannya sesuai kondisi masing-masing. Merdeka bagiku itu adalah mampu bahagia secara utuh sebagai diri sendiri melawan ego di dalam diri yang setiap hari menggoda saya untuk berpikir dan bertindak kadang negatif kadang positif.

Kadang perasaan saya kacau, emosi dan logika bercampur yang menang terkadang emosi menjadi BaPer. Misalnya, ketika saya tidak mampu menerima kenyataan bahwa segalanya itu pasti berubah entah itu teman, orang yang kita kagumi ataupun keluarga sendiri. Semua berubah sesuai lingkungan tinggal, kadang saya marah terhadap perubahan itu. Marah kenapa orang yang saya kagumi itu berubah lalu timbul pertanyaan apakah saya sebagai pelarian saja ataukah sebagai objek belajar mengontrol emosi atau belajar kehidupan mengenal berbagai macam karakter manusia di dunia ini. Saya jadi naif sendiri dan menebak segalanya dengan emosi jika dilogikan, wajar kalau tidak ada kepentingan kenapa harus saya merasa tersisih dan tak dibutuhkan lagi? Dulu itu tentu saja berbeda dengan saat ini karena teman-teman pun berubah sesuai waktu tetapi bodohnya saya menuruti perasaan yang tidak jelas dan belum mampu let it go! 

Semua tergantung bagaimana saya, ya saya bingung sendiri ada apa dengan perasaan saya sendiri mungkin saya masih melekat dengan objek-objek yang menurut saya pas untuk dilekati padahal tidak ada yang pantas untuk dilekati karena hanya akan membuat diri makin menderita. Atau memang perasaan tidak mau terabaikan sehingga membuat asumsi dia telah berubah padahal saya yang belum move on.

Saya harus benar-benar belajar tentang kalimat welas asih. Saya bisa berbicara panjang lebar tentang cinta kasih, welas asih, belas kasih namun dalam prakteknya saya sadar bahwa saya belum bisa. Saya masih merasa kesal ketika saya diabaikan, tidak pernah di puji dalam keluarga, orang lebih mementingkan orang lain daripada saya sebagai keluarganya. Saya sadar bahwa saya belum sepenuhnya memiliki rasa welas asih karena welas asih itu akan ada tindakan untuk bisa merasakan apa yang orang lain rasakan, saya masih ego. 

Saya harus memandang bahwa dunia itu berwarna ada banyak kemungkinan buka mind lebar-lebar, kata teman saya jangan pedulikan hasilnya cukup terus lakukan hal positif sampai kamu bisa. Dan kata Ir. Soekarno bermimpilah setinggi langit meski kamu jatuh kamu akan jatuh dengan bintang-bintang (mungkin maksudnya habis jatuh ya pusing :p) 

Jadi saya baru sedikit memerdekakan diri saya sendiri dengan belajar perlahan, memahami apa yang harus dipahami didalam diri. Yang sudah berubah biarkan saja mengalir ke arahnya karena saya pun akan berubah perlahan merdeka seutuhnya memilih jalan saya sendiri.

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia Tercinta yang ke-70. MERDEKA!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Embun Cinta

Jodoh Dan Budhism

Let's Do It!